IndonesiaIndonesia| EnglishEnglish

Dosen Pembimbing Lapang (DPL) menjalankan fungsinya dalam mengarahkan, memantau, dan mendampingi pelaksanaan kegiatan pada cluster desa di bawah wilayah kerjanya, termasuk di dalamnya adalah mengarahkan dalam urusan akomodasi, kesehatan, keamanan, administrasi, sosial kemasyarakatan, dan penanganan/penyelesaian permasalahan yang terjadi selama kegiatan MMD-1000D berlangsung. Untuk itu, DPL memiliki peran strategis dalam pencapaian tujuan program kegiatan Mahasiswa Membangun Desa.

Program kegiatan Mahasiswa Membangun Desa difokuskan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) desa. Selanjutnya, aktivitas MMD diarahkan untuk memenuhi tujuan SDGs dalam rangka memperkuat implementasi dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Untuk mencapai target ini, besar peran Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dalam mengarahkan 14019 mahasiswa dengan sumber daya yang tentunya berkualitas sehingga dapat memberikan impact positif kepasa masyarakat” jelas Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo dalam membuka acara ini.

“Peran DPL ini sangat penting dalam mengantarkan mahasiswa melaksanakan kewajibannya mengikuti pengabdian kepada masyarakat sebanyak 4 sks,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Imam Santoso. Dengan melibatkan mahasiswa yang cukup besar, berpotensi untuk melakukan pengabdian sesuai dengan tema yang telah dirancang.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Unti Ludigdo, menyampaikan, selain mendampingi mahasiswa, setiap DPL hendaknya dapat melaksanakan prospek riset yang dapat ditindaklanjuti di tahun berikutnya. Dalam waktu dekat, hendaknya dapat disusun proposal-proposal dan tiap DPL dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sendiri.

Dalam mendukung upaya tersebut, Ketua LPPM, Prof. Luchman Hakim menjelaskan bahwa LPPM mencoba memberikan Hibah MMD yang nantinya dapat memfasilitasi dosen untuk dapat segera terjun untuk mengidentifikasi potensi desa.

Koordinasi Dosen Pembimbing Lapang MMD 1000 D Universitas Brawijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://totoagung1maju.site/ https://motivasiagung.com/ https://toto-agung2.com/ https://antartidargentina.com/ https://taichinhhieuqua.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://amintotojp.com/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://restoslot-4d.com/ https://hokkaido-project.com/ https://slotgacor4dsore.site/ https://akb48nensensou.net/ https://bigprofitbuzz.com/