Pusat Pelayanan

Masing-masing bidang di LPPM-UB memiliki pusat-pusat studi dan pusat-pusat pelayanan, yang dibentuk secara fungsional sesuai dengan kebutuhan dan setiap Pusat Studi dipimpin oleh Kepala Pusat. Dalam hal ini Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Penelitian mengkoordinir pusat-pusat studi, sedangkan Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Pengabdian kepada Masyarakat mengkoordinir pusat-pusat pelayanan.

Pusat-pusat Layanan

  1. Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi Tepat Guna

    Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi Tepat Guna Universitas Brawijaya merupakan lembaga yang berperan sebagai support/pendukung untuk pengembangan inovasi dan kreativitas teknologi bagi masyarakat, civitas akademika dan usaha mikro kecil menengah dalam berbagai bidang seperti pangan, non pangan dan jasa

    Bidang kajian Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi Tepat Guna Universitas Brawijaya sbb :

    1. Bidang Diseminasi Teknologi Tepat Guna
    2. Bidang Pelayanan dan Kerjasama Teknologi Tepat Guna
  2. Pusat Pelayanan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P4M)
    P4M melaksanakan layanan tentang :
    1. Simbermas: Sinergi Pemberdayaan Masyarakat, yakni mengembangkan potensi di masyarakat dengan kerjasama pemerintah daerah, guna meningkatkan kemampuan & keberdayaan masyarakat.
    2. Inkubator Bisnis
    3. Program Pengembangan Keuangan Pedesaan (P2KP) Sistem Grameen bank, yang membantu ibu rumah tangga untuk usaha sampingan guna menambah ekonomi pesediaan.
  1. Pusat Layanan Konsultasi dan Pengolahan Data
    Pusat Layanan Konsultasi dan Pengolahan Data Universitas Brawijaya mempunyai tujuan sbb :

    1. Memberikan layanan akan kebutuhan survei, konsultasi, analisis data, analisis desain sistem dan sistem informasi bagi para stakeholder dengan memanfaatkan sumber daya ahli yang ada di UB secara integratif
    2. Memberikan konsultasi dan pelatihan pengelolaan data secara elektronik dan terintegrasi
    3. Memberikan layanan informasi kerjasama UB dengan pihak stakeholder
    4. Memberikan layanan informasi potensi dan sumber daya UB
  2. Pusat Layanan Kuliah Kerja Nyata
    Pusat Layanan Konsultasi dan Pengolahan Data Universitas Brawijaya mempunyai tujuan sbb :

    1. Melayani Program KKN yang dilakukan oleh mahasiswa dari multi fakultas secara interdisipliner.
    2. Melayani kerjasama antara LPPM UB dengan para stake holder (pemerintah, swasta dan masyarakat) di bidang pembangunan kualitas sumberdaya manusia.
    3. Mendampingi desa/kelurahan mitra binaan UB dan para stake holder untuk mengimplementasikan hasil riset dan IPTEK.
  3. Pusat Pengembangan Manajemen Penelitian (PHK)

    Secara umum, keberadaan Program Hibah Kompetisi (PHK) di Universitas Brawijaya (UB) sejak tahun 1999 berdampak baik pada kualitas kinerja di UB, khususnya bagi unit penerima PHK. Dampak secara nyata dapat dilihat pada beberapa aspek, yaitu terutama pada aspek struktur pendanaan. Aspek lain yang menerima dampak baik keberadaan PHK antara lain proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pusat Pengembangan Manajemen Penelitian Universitas Brawijaya mempunyai tujuan sbb:

    1. Pengembangan Quality Assurance System dalam rangka otonomi UB
    2. Integrasi Good Practices PHK-I dalam memperbaiki Renstra 2000-2005 menjadi 2006-2010 dan 2011-2014, Monev Renstra Tahunan dan ED UB.
    3. Target Perbaikan Program Akademik (misal: IPK, nilai TOEIC, lama studi, kurikulum berbasis kompetensi, student centered learning, tracer study, dll.)
    4. Anggaran Berbasis Kinerja
    5. Peningkatan kualifikasi akreditasi PS
    6. Penguatan daya saing riset dan inovasi UB
  4. Pusat Inkubator Bisnis dan Layanan Masyarakat (PIBLAM)

    Sesuai dengan mandat PIBLAM UB sebagai perangkat Rektor dalam pengembangan SPMI, maka PIBLAM UB memiliki visi: Menjadi institusi terkemuka dalam pendidikan entrepreneur dan inkubasi bisnis PT yang mendukung UB menuju world class entrepreneurial university. Pusat Inkubator Bisnis dan Layanan Masyarakat (PIBLAM) Universitas Brawijaya mempunyai tujuan sbb :

    1. Meningkatkan entrepreneurial mindset civitas akademika UB dalam rangka akselerasi UB menuju world class entrepreneurial university
    2. Membuat dan mengembangkan model pendidikan dan pelatihan entrepreneurhip mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan nilai-nilai entrepreneurialnya
    3. Melakukan inkubasi bisnis mahasiswa dan masyarakat sehingga mampu berperan meningkatkan ekonomi regional
    4. Meningkatkan kerjasama dan layanan masyarakat terkait dengan pengembangan dan implementasi startup bisnis
  5. Peningkatan Publikasi Internasional Karya Ilmiah Dosen (PPIKID)

    Untuk kontribusi peningkatan citra dan pangkat Universitas Brawijaya sebagai universitas kelas dunia melalui peningkatan jumlah, kualitas, dan indeks kutipan dari dosen dan mahasiswa artikel ilmiah dalam publikasi internasional Universitas Brawijaya. Peningkatan Publikasi Internasional Karya Ilmiah Dosen (PPIKID) Universitas Brawijaya mempunyai misi sbb :

    1. meningkatkan kemampuan dan motivasi dosen dan mahasiswa dalam penerbitan artikel ilmiah di jurnal internasional melalui pelatihan / workshop, konsultasi, membantu, dan pemberian insentif publikasi artikel.

    2. Untuk meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional secara online dalam komunitas Universitas Brawijaya

    <<<Link PPIKID>>>
    <<SK Rektor Pusat Layanan>>