Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya tahun ini menjadi tuan rumah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Internasional. Kegiatan yang rencananya diselenggarakan pada Juni – Agustus 2022 ini akan dipusatkan di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Kolaborasi ini dilakukan antara UB, UGM, dan ITB yang merupakan kolaborasi Enabling Humanitarian Attributes for Nurturing Community based Engineering (ENHANCE). ENHANCE merupakan kegiatan kolaborasi berkaitan dengan “Humanitarian Engineering”. Salah satu tujuan kunjungan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada pada Kamis (21/4) ke LPPM Universitas Brawijaya adalah membahas rencana KKN Kolaborasi Internasional.

ENHANCE beranggotakan universitas dari beberapa negara di Eropa dan Asia yang dikoordinatori oleh University of Warwick (UoW) United Kingdom yang tergabung dalam pengelolaan Erasmus (European Commission). Ketua LPPM UB Prof. Luchman Hakim yang menerima kunjungan itu menyampaikan perlunya project model. ”Bagaimana kita melibatkan lintas fakultas untuk menarik secara spektakuler suatu bentuk tempat rekreasi sekaligus wahana mengasah ilmu pengetahuan”, ungkapnya.

Disampaikan pula dalam kunjungan tersebut, KKN di Universitas Brawijaya diwajibkan, dan dilaksanakan terpadu di bawah Pusat Layanan KKN LPPM Universitas Brawijaya. Ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam melaksanakan program KKN, LPPM UB berkoordinasi dengan seluruh Wakil Rektor Bidang Akademik beserta staf ahli, dan para Wakil Dekan bidang Akademik. Tidak hanya KKN Kolaborasi Internasional, LPPM UB juga menawarkan KKN Tematik, Gotong Royong, Kolaborasi Regional Jatim, Kolaborasi Nasional, dan Kebangsaan.