Studi Banding Pusat Studi Ekonomi Kreatif Universitas AMIKOM

Dalam menjalankan tupoksinya untuk mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan pengkajian dan pengembangan penelitian & pengabdian yang diselenggarakan oleh Pusat-Pusat dibawah koordinasinya; LPPM Universitas Brawijaya membuka peluang potensi kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, baik di dalam dan di luar negeri. Pusat Studi Pembangunan Desa dan Pusat Studi Kebumian dan Mitigasi Bencana merupakan 2 pusat studi yang telah menjalankan kegiatan kerjasama tersebut dengan berbagai instansi.

Tertarik mendalami potensi kerjasama tersebut, pada Selasa, 22 Januari 2019, Pusat Studi Ekonomi Kreatif Universitas Amikom Yogyakarta yang diketuai oleh Dr. Abidarin Rosidi, M.Ma, melakukan studi banding ke LPPM Universitas Brawijaya yang membawahi dua pusat studi tersebut dalam upaya memperkuat dan memperluas jaringan.

Mewakili ketua, acara ini dibuka oleh Sekretaris LPPM UB, Dodi W. Irawanto, PhD dengan didampingi oleh Ketua Pusat Studi Kebumian dan Mitigasi Bencana, Drs. Adi Susilo, M.Si, Ph.D dan Ketua Pusat Studi Pembangunan Desa, Prof. Maryunani. Setelah pemaparan sekilas terkait LPPM UB oleh KKJF Penelitian, Sugiono, PhD., acara dilanjutkan dengan pemaparan profil masing-masing pusat studi lengkap dengan berbagai isu penting yang menjadi fokus utama pusat studi.

Disampaikan dalam studi banding ini bahwa dengan baru dibentuknya Pusat Studi Ekonomi Kreatif Universitas Amikom Yogyakarta tahun 2018, dibutuhkan strategi positioning dan pemetaan roadmap lembaga dengan berkaca pada kedua pusat studi tersebut di bawah LPPM Unversitas Brawijaya. Harapan kedepan, setelah adanya kegiatan studi banding ini, pusat studi pada masing-masing universitas dapat bekerjasama untuk berperan aktif membangun bangsa.