Studi Banding Pusat HKI LP2M UNEJ

Sentra Kekayaan Intelektual (Sentra KI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya telah berhasil mendorong peningkatan jumlah paten di Universitas Brawijaya sehingga mendapat prestasi perolehan paten terbanyak di tahun 2015. Prestasi ini mendorong Pusat HKI LP2M Universitas Jember (UNEJ) untuk melakukan studi banding ke Sentra KI LPPM UB pada Selasa, tanggal 6 Agustus 2019, untuk meningkatkan kinerja dan menjalin kerjasama.

Point terpenting yang ingin didiskusikan adalah bagaimana upaya sentra KI UB untuk melakukan percepatan, pemeliharaan dan melakukan drafting paten. Dijelaskan bahwa dalam mendorong percepatan paten, Sentra KI UB mendapatkan dana dari universitas untuk reward perolehan paten. Selama ini, pemeliharaan paten dilakukan dengan membayarkan biaya pemeliharaan paten sesuai aturan yang berlaku.

Untuk meningkatkan kinerja Sentra HKI Universitas Brawijaya, Dr. Purwadi, selaku ketua menyatakan akan mengadakan workshop untuk memunculkan patent drafter di tiap fakultas guna mendorong peningkatan jumlah paten di Universitas Brawijaya.

Kedepan diharapkan adanya kerjasama antara Sentra HKI dalam upaya pengelolaan dan pengembangan paten di universitas.