Studi Banding LPPM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Dalam upaya peningkatan pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (LPPM UAD) Yogyakarta melakukan kunjungan studi banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB). Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Juli 2019 di Gedung Layanan Bersama lt. 6.

Ketua LPPM UB, Dr. Bambang Susilo, menyampaikan sambutan positifnya atas upaya sharing ilmu yang dilakukan LPPM UAD untuk meningkatkan kualitas manajemen penelitian dan pengabdian. Beliau menyampaikan gambaran umum LPPM UB yang saat ini telah merintis pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian mengacu pada peralihan Universitas Brawijaya menuju PTNBH. Salah satu kegiatan yang dilakukan, terang KKJF Penelitian LPPM UB, Sugiono, PhD, yakni Riset Kolaborasi bersama PTNBH yang menggunakan dana dari kelolaan WCU (World Class University) dan program jurnal review. Program-program lain melalui dana internal universitas juga dijelaskan dalam pemaparan studi banding ini.

LPPM UAD yang diketuai oleh Dr. Widodo, diantaranya menanyakan pengelolaan dan eveluasi pusat studi dibawah LPPM yang menjadi point penting dalam pengembangan research group. Selain itu, kepala Pusat KKN UAD, Purwadi, PhD., tertarik menanggapi kegiatan KKN yang dimasukkan dalam program Doktor Mengabdi, utamanya di daerah perbatasan. Disela-sela pembahasan ini juga dibahas mengenai bidang pendidikan, salah satunya tips dan trik universitas dalam menarik mahasiswa luar negeri untuk ikut menggali ilmu di UAD. Harapannya, selain sharing pengelolaan penelitian dan pengabdian, sekaligus dapat menimba ilmu terkait manajemen pendidikan sebagai upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).