Salah satu agenda rutin tahunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) adalah melaporkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM) melalui SIMLITABMAS Ristekdikti. Guna mendukung terdokumentasinya kegiatan PPM di lingkungan Universitas Brawijaya, LPPM Universitas Brawijaya berinisiasi melakukan kegiatan “Sosialisasi Pengumpulan Data Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya Tahun 2020” pada Selasa-Kamis (9-11/2). Kegiatan dilakukan secara virtual dengan pihak-pihak pemangku data pemeringkatan, penjaminan mutu dan pengelola kegiatan penelitian dan pengabdian tingkat fakultas.

Sebelum turunnya surat permintaan pengisian data kinerja dari Ristekdikti, Universitas Brawijaya melalui LPPM telah melakukan koordinasi dengan pimpinan fakultas untuk bersama-sama menginput data pelaksanaan kegiatan internal penelitian dan pengabdian di fakultas masing-masing. Mekanismenya, setiap fakultas akan menunjuk tiga petugas input kinerja pada website LPPM secara terpadu. Selanjutnya, petugas input LPPM akan melakukan validasi dan menginput ke Simlitabmas.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan ada gambaran real kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Brawijaya sehingga dapat terpotret dengan baik. “Potret gambaran real ini bukan terpaku pada tujuan pemeringkatan namun penentuan langkah ke depan terhadap pengambilan kebijakan terkait penelitian dan pengabdian” pungkas Ketua LPPM UB Dr. Ir. Bambang Susilo., MSc., Agr.

Pada kegiatan ini disampaikan gambaran data tahun lalu dengan target-target untuk tahun 2021. Dipaparkan pula oleh pimpinan LPPM UB tentang proses Input Data Kinerja Penelitian dan Input data Kinerja Pengabdian yang terverifikasi. Sebagai tindak lanjut acara ini, pada 16 Februari 2021 akan dilakukan kegiatan pelatihan bagi petugas input fakultas.

LPPM UB mengajak seluruh sivitas akademika UB yang telah melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian, segera melaporkan hasil luaran pada tahun 2020 melalui BPPM fakultas masing-masing dengan detil data pendukung yang telah dijelaskan. Dengan semangat kebersamaan, data yang valid akan dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk perangkingan namun juga kebutuhan pengambilan kebijakan demi meningkatkan capaian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.