Pusat Pengembangan Batara UB Malang, Keliling Indonesia Kembangkan Potensi Batik

MALANG – Pusat pengembangan batik Nusantara (Batara) Universitas Brawijaya (UB) Malang terus lakukan pengembangan potensi batik dari berbagai daerah.

Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, guna mencari motif batik yang khas dari wilayah tersebut.

Divisi Pengembangan Batara Susinggih Wijaya menyampaikan, motif batik yang dikembangkan oleh Batara UB adalah motif batik berbasiskan budaya.

“Kalau motif sumber daya alam bisa dicontoh. Seperti cengkeh itu ada di banyah, tapi kalau budaya misal seperti cerita rakyat pasti selalu berbeda,” kata Susinggih Wijaya saat deklarasi pusat pengembangan Batara di UB Malang, Selasa (05/03/2019)

Sejak diluncurkan tahun 2015, pusat pengembangan Batara UB terus melakukan pengkajian batik. Setidaknya telah ada 60 motif batik dari seluruh Indonesia yang telah masuk ke data base Batara UB.

Beberapa wilayah yang saat ini tengah menjadi fokus pengembangan batik berbasiskan budaya diantara adalah Timor Tengah Selatan (TTS), Natuna, Kutai barat, Nunukan, Tanjung Buai, Bawean, serta Boven Digoel Papua.

“Perguruan tinggi kalau berjalan sendiri tidak bisa. Jadi kami merangkul berbagai elemen masyarakat,” tambahnya

Agar pengembangan potensi batik berbasis budaya dapat tersebar merata, pihaknya memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan perguruan tinggi.

“Kita ada program pengabdian doktor, lalu ada juga KKN mahasiswa itu yang kita manfaatkan,” pungkasnya

Sementara itu, Rektor UB Malang Nuhfil Hanani menyampaikan, potensi batik berbasis budaya yang telah dikembangkan Batara UB nantinya akan dipatenkan universitas.

“Kalau gak dicuri orang, jadi harus dipatenkan,” kata Nuhfil Hanani

Tak hanya itu, pria yang akrab dengan wartawan itu juga berpesan agar Batara UB terus berinovasi sehingga mampu go internasional.

“Bisa menjadi rujukan dunia. Misalkan, kita bisa ajari Thailand, Myanmar, Malaysia,” tambahnya

https://m.suaraindonesia.co.id/read/4684/20190305/113452/pusat-pengembangan-batara-ub-malang-keliling-indonesia-kembangkan-potensi-batik