Dalam mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) dituntut dapat menampilkan  representasi visual informasi dan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara grafis. Ini untuk memperlihatkan informasi akurat terkait data real jumlah, capaian, dan luaran yang dapat menginformasikan keberhasilan program dengan tampilan yang informatif dan menarik. Pada Selasa (9/4) LPPM UB menyelenggarakan “Pelatihan Infografis Tahun 2021 di Lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya” di Gedung Layanan Bersama Lantai 6.

The Data Speaks the Truth” terang Sekretaris LPPM UB, Dodi Wirawan Irawanto, SE., M.Com., PhD ketika membuka acara ini. Dengan pelatihan diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta memenuhi kebutuhan data internal, dengan terlebih dahulu mengolah data tersebut menjadi data yang akurat dan informatif. Pelatihan ini dilakukan tak lain agar SDM LPPM UB dengan tupoksinya masing-masing, mampu mendukung kecepatan penyampaian informasi terkait penelitian, pengabdian dan kerjasama.

Lebih lanjut, salah seorang pemateri yang juga Wakil Ketua UPT TIK Universitas Brawijaya, Adharul Muttaqin, ST., MT menerangkan, kecepatan pemenuhan permintaan data oleh karyawan LPPM UB dapat didukung dengan keteraturan dalam penginputan informasi data excel. Selanjutnya data tersebut dapat diolah sesuai permintaan dengan variable yang ditentukan. Pada sesi kedua, Gema Adha Hermanenda, S.Kom., menyampaikan materi terkait penyempurnaan visualisai grafis dengan memperhatikan sesi estetika.

Sebagai penutup, KKJF Bidang Penelitian LPPM UB, Dr. Sc. Asep Awaludin Prihanto, S.Pi., MP, menyampaikan agar setiap peserta dapat mengaplikasikan berbagai tahapan dalam penyampaian visualisasi data dalam keseharian rutinitas kerja. Sehingga ketika nanti data diminta, LPPM telah siap mengolah data infografisnya. Karenanya, penyampaian informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melalui website LPPM  menjadi sangat penting dalam mendukung keterbukaan universitas publik.