Pelatihan Reviewer Penelitian Perguruan Tinggi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya mempunyai tugas mendorong kegiatan penelitian untuk meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional. Kegiatan penelitian ini melibatkan peran reviewer yang bersertifikasi untuk mereview proposal dan mengawal output penelitian.

Untuk memenuhi kebutuhan reviewer yang bersertifikat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Pusdiklat Kemenristekdikti, Badan Standarisasi Nasional (BSN), LSP Quantum, dan Perkumpulan Reviewer Penelitian Nasional (RPN), menyelenggarakan sertifikasi dan pelatihan reviewer penelitian bereputasi nasional.

LPPM Universitas Brawijaya merupakan salah satu host pelaksana pelatihan yang telah ditunjuk Kemenristekdikti untuk menampung peserta dari seluruh perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi yang ditentukan untuk mengakomodasi kegiatan pelatihan dalam 5 hari pada 9 – 13 Juli 2019 di Hotel Ijen Suites, Malang. Peserta terdiri dari 100 dosen Perguruan Tinggi Klaster Mandiri, Madya dan Utama dari seluruh Indonesia yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pada hari pertama, acara dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Nuhfil Hanani, yang mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi jembatan bagi Universitas Brawijaya dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di bidang penelitian. Kemudian pada hari kelima, acara ditutup dengan materi ‘Kebijakan Risbang’ yang disampaikan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Dr. Muhammad Dimyati.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan reviewer penelitian yang mumpuni dalam menilai proposal penelitian dan keluaran penelitian untuk meningkatkan tiga indikator risbang yaitu publikasi, kekayaan intelektual dan prototype teknologi. Untuk itu keberadaan reviewer harus memperlancar dan membuat efisien risbang sehingga produktivitas risbang meningkat. Selain itu, output dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama di bidang penelitian antar PTN serta meningkatkan output hasil penelitian.