Sosialisasi Pengumpulan Data Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) telah dilakukan pada Selasa-Kamis (9-11/2). Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) mengadakan Pelatihan Input Data Kinerja PPM pada Selasa (16/2). Pelatihan ini ditujukan bagi para operator input data kinerja di seluruh fakultas dan unit terkait Universitas Brawijaya. Dalam kegiatan ini, dukungan Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM), Unit Jaminan Mutu (UJM), dan Tim Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Fakultas sangat penting dalam mendukung ketersediaan data.

“Pelatihan ini dilaksanakan untuk merefresh kembali pengetahuan petugas input untuk mencermati detil dokumen pendukung setiap data penelitian dan pengabdian yang diminta untuk memperoleh data yang valid”, terang Sekretaris LPPM UB, Dodi Wirawan irawanto, SE., M.Com., PhD.

Sementara itu, Ketua Kelompok Jabatan Fungsional (KKJF) Bidang Penelitian LPPM UB Dr. Sc. Asep Awaludin Prihanto, S.Pi., MP, menjelaskan bahwa data kinerja penelitian perlu dicek kevalidannya untuk memperoleh poin penilaian berdasarkan bobot yang telah ditentukan. Disini, petugas input merupakan ujung tombak dalam meningkatkan penilaian kinerja penelitian. “Data penelitian ini tidak berbasis aktivitas, sehingga semua luaran pada tahun 2020 dapat dimasukkan, ungkap Dosen Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan itu.

Berbeda dengan penelitian, untuk data kinerja pengabdian harus terhubung dengan judul kegiatan yang dilaksanakan oleh ketua pengabdi yang tercatat dalam dokumen SPK. Hendrix Yulis Setyawan, STP, M.Si, PhD, selaku Ketua KKN LPPM UB yang mewakili KKJF Bidang Pengabdian kepada Masyarakat menjelaskan, dalam pengabdian diperlukan lebih banyak bukti scan fisik dibandingkan dengan penelitian. Dan ini tentunya memerlukan usaha ekstra dalam menginput data.

Langkah ke depan, petugas input akan diberikan video tutorial dalam melakukan entry data kinerja pada website LPPM UB. Sebagai acuan para operator, dokumen yang memenuhi kriteria penilaian kinerja akan diupload pada menu contoh dokumen di website LPPM UB.