Universitas Brawijaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat setiap tahunnya, telah berpartisipasi aktif dalam pengiriman peserta yang memenuhi persyaratan dalam sertifikasi reviewer nasional oleh RISTEK-DIKTI. Sangat disayangkan dengan adanya pandemi Covid-19 kegiatan di tahun 2020 belum dapat dilaksanakan. Seiring dengan meningkatnya proposal yang perlu dievaluasi dalam seleksi hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan internal Universitas Brawijaya, LPPM UB perlu menambah jumlah reviewer internal yang berkompetensi. Berlatar belakang hal tersebut, pada (17-18/3) dilaksanakan Pelatihan Reviewer Sertifikasi Internal Universitas Brawijaya melalui virtual meeting.

“Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) harus dikawal terus kualitasnya. Untuk itu tahun ini kita laksanakan pelatihan reviewer internal untuk penjaminan mutu output,” ungkap Ketua LPPM UB Dr. Ir. Bambang Susilo, MSc., Agr. Selanjutnya, reviewer yang telah lulus sertifikasi ini selain dapat diikutkan pada proses seleksi internal LPPM, dapat diikutkan pula dalam proses seleksi Hibah Profesor dan Doktor yang ada di fakultas.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Aulanni’am, DVM., DES, mengapresiasi positif kegiatan ini dalam menghasilkan reviewer-reviewer yang bersertifikat dalam hibah-hibah internal, khususnya Hibah Profesor dan Doktor dalam waktu dekat. Reviewer-reviewer bersertifikat ini diharapkan mampu menjadi penentu diterimanya proposal yang bermutu, untuk menghasilkan jurnal dan luaran yang berkualitas. Reviewer dimohon dapat memperhatikan aturan dan panduan hibah ini dengan pengoptimalan rencana anggaran biaya.

Pada kegiatan ini, sebanyak XI materi disampaikan oleh reviewer nasional kepada peserta dengan kriteria penentu kelulusan di antaranya absensi, hasil ujian teoritis, dan hasil ujian prakterk mereview. Hasil pelatihan akan diketahui maksimal 2 hari setelah dilakukan rapat pleno hasil evaluasi. Diharapkan minimal sebanyak 50 peserta dapat lulus dari sertifikasi ini, agar dapat membantu LPPM dalam menghasilkan proposal-proposal yang berkualitas.