Rasa syukur tak terhingga dipanjatkan kepada Sang Pencipta bahwa Ramadhan 1443 Hijriah, dilaksanakan dengan penuh ketaqwaan kepada Allah SWT oleh segenap pimpinan, dan staf di lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Ketua LPPM UB Prof. Luchman Hakim menyampaikan rasa terimakasih atas kerja keras semua pihak di LPPM yang telah melaksanakan tugas selama Ramadhan, yang tidak berbeda dengan hari-hari lainnya. Demikian sebagaimana terungkap dalam halal bihalal Idul Fitri 1443 H keluarga besar LPPM UB pada Rabu (11/5) di Gedung Layanan Bersama Lt 6. Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Ir. Bambang Susilo serta para purna LPPM UB.

Ustadz H. Drs. Ali Ashari, MPd yang bertindak sebagai narasumber menyatakan, pada hari yang fitri ini, bukan hanya akhir dari semua rangkaian Ramadhan, namun juga awal dari kehidupan yang baru. “Bahwa muara Ramadhan adalah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Better than before dalam segala hal kebajikan.

Ada beberapa hal setelah Ramadhan yang harus meningkat. Pertama, meningkatnya ketakwaan dimana perbuatan seseorang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kedua, mampu menahan amarah dan memaafkan. Manusia sebagai hamba Allah dituntut untuk dapat memaafkan kesalahan sesama. Sebagaimana Allah yang Maha Pengampun segala dosa. Ketiga, menunjukkan kesalihan sosial melalui usaha memberi kepada sesama. “Puncak keridhoan Allah adalah pada saat kita pada kondisi terendah berusaha memberi kepada sesama”.