Dalam upaya membangun silaturahmi di lingkungan LPPM UB, segenap pimpinan dan staf, pada Rabu (20/4) mengikuti Pembinaan Pegawai yang disampaikan oleh Ustad Zainal Arifin, MAg dengan tema “Menuju Puasa Hakiki”. Ketua LPPM Prof. Luchman Hakim berkesempatan menyampaikan pentingnya acara ini sebagai penyatu. “Sehingga ke depan, diharapkan perjalanan staf dan pimpinan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dapat lebih berkah dan cemerlang,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Dr. Bambang Susilo MSc.Agr., yang juga berkesempatan hadir menambahkan, bahwa dirinya sangat menghargai keberkahan dan kecemerlangan yang telah tercipta di LPPM. “Saya sangat mendukung suasana LPPM yang madani, yakni saling mengisi kekurangan masing-masing. Melalui silaturahmi, kasih sayang di antara warga LPPM mengalir dengan cantik, dan indah. Sehingga dapat membangun suasana kerja yang kooperatif dan kondusif,” tambahnya. Suasana kerja yang kooperatif dan kondusif ini tentunya turut didukung pula oleh semangat kerja para pimpinan dan stafnya meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Sementara itu, Ustad Zainal Arifin, M.Ag menjelaskan bahwa puasa harus selalu semangat seperti Rasulullah. “Artinya puasa harus diisi dengan hal-hal positif,” ujarnya. Dalam era yang sudah serba maju ini, hakikat puasa harus ditelaah secara mendalam dan komprehensif. “Salah satunya, kita dituntut untuk mengakui segala kesalahan dengan tidak membohongi diri sendiri dengan topeng-topeng kemunafikan,” tambahnya.

Dalam tausiyah yang berlangsung gayeng dan penuh keakraban itu, Ustad Zainal menyempaikan tips bagaimana agar kita dapat mengikat syaitan melalui puasa. Yakni dengan menjauhi lima hal yang membatalkan puasa yaitu dusta, ghibah, adu domba, sumpah palsu, dan melihat lawan jenis dengan nafsu.
Beliau juga menekankan bahwa para staf dan pimpinan LPPM hendaknya dalam bulan ramadhon ini menyinari jiwa, rumah dan kantor LPPM dengan membaca ayat-ayat suci Al Qur’an sebagai petunjuk utama. “Insyaallah dengan bacaan Al Qur’an ini dapat memberi keberkahan atas pelaksanaan pelayanan LPPM kepada sivitas akademika Universitas Brawijaya,” pungkasnya.