Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Dana Internal di LPPM tahun 2022 Universitas Brawijaya adalah bagian penting dan strategis untuk mencapai visi misi dan tujuan Universitas Brawijaya dalam pembangunan bangsa. Sebagaimana diterangkan dalam Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi IV pada Senin (7/3), kegiatan tersebut diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.
Merujuk hal tersebut, Ketua LPPM UB, Prof. Luchman Hakim dalam membuka acara ini menjelaskan bagaimana UB sangat dituntut perannya bagi pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Status UB yang telah menjadi PTNBH akan terdapat tantangan-tantangan yang secara strategis integrative yang harus kita pecahkan bersama. Mulai bulan Januari kami melakukan konsolidasi dalam menyiapkan hibah ini, akan dilaunching sesegera mungkin sehingga target luaran dan pemeringkatan dapat dicapai.
Dalam hal pemeringkatan, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Bambang Susilo, menjelaskan, ranking IKU perguruan tinggi sangat erat kaitannya dengan kegiatan penelitian dan pengabdian sebagai penyumbang utama data tersebut. Indicator kinerja Utama 5 sangat berperan dalam menentukan pemeringkatan kita terdiri dari publikasi, paten dan pengabdian. Apabila kita melaksanakan penelitian dan pengabdian dengan sebaik-baiknya maka pemeringkatan ini akan naik.
Secara teknis penjelasan terkait materi sosialisasi ini disampaikan oleh Sekretaris LPPM UB, Dr. Dodi Wirawan Irawanto, Kepala Pusat Penelitian LPPM UB, Dr Asep Awaludin Prihanto, dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Susinggih Wijana. Surat resmi terkait pembukaan pendanaan hibah internal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LPPM UB dapat diakses melalui link https://s.ub.ac.id/1pt