IndonesiaIndonesia| EnglishEnglish

Tim Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku (LPPI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan serangkaian kegiatan Dalam rangka meningkatkan kinerja publikasi, pengelolaan jurnal dan penerbitan buku, Selasa (05/03/2024)

Kunjungan ini diterima secara resmi oleh Pimpinan dan Staf Pusat Publikasi Ilmiah dan Ketahanan Jurnal (PPIKJ) LPPM UB di Ruang Rapat LPPM Gedung Layanan Bersama UB. Dalam sambutannya, ketua LPPM, Prof. Luchman Hakim, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa LPPM UB mengkoordinir pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat dengan sumber pendanaan eksternal maupun intenal Universitas Brawijaya (UB). Disamping itu LPPM juga mengkoordinir pengelolaan insentif publikasi ilmiah dan ketahanan jurnal.

Rombongan Tim LPPI UMS berjumlah 8 orang yang dipimpin oleh Agus Ulinuha, M.T., Ph.D selaku ketua LPPI UMS. “Kunjungan kali ini diharapkan tim LPPM UB bisa berbagi pengalaman tentang strategi peningkatan publikasi pada jurnal internasional bereputasi, peningkatan partisipasi dosen, dan mahasiswa dalam publikasi internasional serta peningktan sitasi” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Dhiana Puspitawati, S.H., LLM., Ph.D selaku Ketua PPIKJ, menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kinerja publikasi di UB dilakukan pemberian insentif baik untuk penulisan buku atau jurnal maupun pengelola jurnal. Salah satunya pemberian insentif maksimal Rp. 25 juta untuk artikel yang dipublikasi oleh jurnal internasional terindex Scopus Q1 dari hasil luaran penelitian/pengabdian dengan pendanaan dari UB.
“Tim kami juga melakukan pendampingan penulisan artikel 4 kali dalam 1 tahun yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut sampai dengan proses submit, sehingga jumlah artikel akan semakin meningkat” tambahnya.
Pada akhir kegiatan beliau juga menyampaikan “untuk saat ini publikasi buku yang masih belum stabil karena berpindah-pindah pengelolaannya”.

Ingin Belajar Pengelolaan Jurnal dan Peningkatan Publikasi, Tim LPPI UMS berkunjung ke LPPM UB