IndonesiaIndonesia| EnglishEnglish

Sebagai upaya membangun riset dan pengabdian kepada masyarakat yang sehat di Universitas Brawijaya, LPPM UB memandang perlu menyiapkan reviewer profesional. Hal ini didorong dengan bertambahnya pengunggah proposal pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan internal Universitas Brawijaya, setiap tahun. Sabtu (17/2), LPPM UB mengadakan “Pelatihan Reviewer Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya”, di Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang diikuti oleh 29 orang peserta dengan kualifikasi high profile researcher.

“Pelaksanan pelatihan ini demi mengawal kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pelaksanaan proses seleksi, dan review yang terstandar dengan high profile researcher selaku reviewer,” terang Sekretaris LPPM UB Prof. Dodi W. Irawanto. Selaras dengan apa yang disampaikan Ketua Pelaksana kegiatan ini Dr.Sc. Lukman Hakim, LPPM UB ingin meningkatkan jumlah reviewer profesional sebagai upaya memperkuat barisan reviewer internal UB.

Pada pelatihan ini, peserta melaksanakan pre-test, pendalaman materi, post-test, dan praktek penilaian proposal.  Materi yang disampaikan meliputi “Peran dan etika reviewer”, “Inovasi, state of the art, roadmap, referensi dalam penelitian SOSHUM & Saintek”, “Teknik penelusuran kompetensi peneliti pengukuran TKT”, “Kriteria artikel jurnal sebagai luaran”, “Diseminasi teknologi ke masyarakat dan indikator keberhasilan pengabdian”, serta “Standar biaya penelitian dan rambu-rambu penggunaan anggaran”.

Diskusi menarik pada pelatihan ini di antaranya adalah roadmap dan rekam jejak peneliti yang menjadi dasar utama penilaian pada proses review proposal. Selain itu, standar biaya penelitian dan rambu-rambu penggunaan anggaran menjadi acuan penting yang perlu ditelaah secara lebilh seksama, yang didasarkan pada peraturan rektor, dan panduan yang sudah ada.

Di akhir acara ini peserta masih diwajibkan untuk mempraktekan proses review seleksi proposal pada platform SIPP. Hasil dari penilaian ini nanti menentukan kelayakan peserta sebagai calon reviewer tersertifikasi.

Bangun Riset dan PKM Sehat, LPPM UB Gelar Pelatihan Reviewer Internal