IndonesiaIndonesia| EnglishEnglish

Mahasiswa Membangun Desa merupakan program besar yang didukung oleh lebih dari 500 dosen sebagai Dosen Pendamping Lapang (DPL) yang terdiri dari para profesor dan associate professor. Program ini juga melibatkan 13.558 mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Brawijaya denan mengerahkan 158 orang dosen sebagai pengembang topik diseminasi IPTEK dengan total luncuran topik sebanyak 33 topik. Selama hampir 40 hari sejak 30 Juni hingga 5 Agustus 2023, para mahasiswa akan terjun ke desa-desa di Jawa Timur guna meleburkan diri mereka ke dalam kegiatan yang dilakukan di desa.
Dengan memperhatikan potensi lokasi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur, sebanyak 1000 desa terlibat dalam program ini. Dan Lumajang, menjadi salah satu tempat pelaksanaan MMD. Kabupaten ini memiliki potensi kearifan lokal, wisata, sumberdaya alam, dan sebagainya. Kecamatan yang menjadi tempat pelaksanaan MMD1000 di Kabupaten Lumajang terdiri dari Kecamatan Pronojiwo, Yosowilangun, Sukodono, Senduro dan Klakah.
Pada Rabu (14/6) sebanyak 4 orang Camat dari 5 kecamatan hadir di LPPM Universitas Brawijaya dalam rangka koordinasi program-program yang telah disusun untuk dilaksanakan para mahasiswa dengan Dosen Pendamping Lapang.
Pada kesempatan itu, Ketua LPPM Universitas Brawijaya Prof. Luchman Hakim meminta dukungan para Camat untuk menyukseskan program kegiatan membangun desa di Lumajang dengan berbagai program dan tema-tema strategis.
Sementara itu, Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UB Yusron Sugiarto, PhD., yang juga hadir menyampaikan bahwa melalui kegiatan MMD ini, UB melaksanakan berbagai pengembangan tema dan program. Di antaranya, pengembangan tema untuk memberi bekal dan penguatan program MMD di masing-masing desa, program induk broadcast center, mini broadcast center, desaverse application, dll. Dijelaskan Yusron tentang Desaverse application misalnya, ini merupakan platform penyedia data informasi desa-desa yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Jawa Timur.
Sedangkan Koordinator Wilayah Lumajang Dr. Yuni Kilawati, SPi., MSi menjelaskan, dalam kegiatan ini DPL dan para Camat berdiskusi terkait sinkronisasi program dan potensi-potensi yang dapat digali di masing-masing lokasi. Selanjutnya, untuk tindak lanjut kegiatan ini akan dilaksanakan kunjungan balasan ke Bappeda Lumajang.

Camat Kabupaten Lumajang Kunjungi LPPM Sinergikan Pelaksanaan MMD1000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *