IndonesiaIndonesia| EnglishEnglish

Dalam perjalanan mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Brawijaya di fakultas, berbagai tantangan dihadapi oleh Badan Penelitian dan Penggabdian kepada Masyarakat (BPPM) di seluruh Fakultas, PSDKU Kediri dan Sekolah Pascasarjana. Tantangan ini dapat diatasi dengan melakukan koordinasi pengelolaan secara berkala, dan berkelanjutan bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang berada di bawah Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi. Berbagai aspek penting kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu didiskusikan bersama guna menghasilkan layanan terbaik dan paripurna. Untuk itu bertempat di Hotel Atria Malang, pada Rabu (16/8) telah diadakan Rapat Koordinasi Ketua BPPM bersama dengan LPPM.
Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., MSi., Ak. Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya itu menyampaikan berbagai upaya yang telah, dan akan diluncurkan dalam membangun dan menguatkan ekosistem riset, dan inovasi di Universitas Brawijaya. Salah satu poin penting yang disampaikan yakni, budaya riset yang beralih kepada membangun riset grup sehingga produktivitas karya akan semakin meningkat. Selain itu akan dibangun suatu iklim dimana inovasi yang dihasilkan dosen, akan bernilai lebih.
Disini, peran penting BPPM di antaranya melakukan monitoring, dan evaluasi luaran untuk riset dan pengabdian di Fakultas.
Pada kesempatan itu juga diberikan arahan bahwa peluncuran hibah diharapkan selaras dengan output capaian peneliti. Ke depan akan dibentuk Komite Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Fakultas guna memperkuat peran BPPM.
Topik yang didiskusikan kali ini juga terkait upaya peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta inovasi dan hilirisasi yang didukung dengan pemanfaatan laboratorium riset terpadu di bawah komando Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi.
Sedangkan, Ketua LPPM Prof. Luchman Hakim, SSi., M.AgrSc., PhD dalam forum ini menekankan agar BPPM dan LPPM harus senantiasa menjalin komunikasi yang baik dalam memperkuat pengelolaan dan fasilitasi riset serta kontrol luaran. Ini perlu dilakukan sebagai upaya peningkatan kinerja perguruan tinggi.

Aspek-Aspek Penting dalam Memperkuat Peran BPPM dalam Membangun dan Menguatkan Ekosistem Riset dan Inovasi