Workshop Penyusunan Roadmap dan Penelitian Kolaboratif

Dalam upaya meningkatkan partisipasi dosen dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) mengadakan “Workshop Penyusunan Roadmap dan Penelitian Kolaboratif” pada Jumat, 16 Juni 2017 di Gedung Layanan Bersama Lantai 6. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan perpanjangan waktu pengajuan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2018 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sampai pada tanggal 21 Juni 2017.

Acara dibuka oleh Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar peneliti dapat memahami benar perbedaan mendasar tentang pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terdapat pada Panduan XI. Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan penelitian, peneliti hendaknya menyusun peta jalan (roadmap) penelitian (roadmap) dengan benar sesuai dengan arahan Kemenristekdikti. Selanjutnya, Universitas Brawijaya melalui Paguyuban LPPM Se Jawa Timur dan Forum CSR Jawa TImur diharapkan dapat berkolaborasi dengan seluruh perguruan tinggi dan sektor industri di Jawa Timur dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini dipresentasikan 3 materi yakni: 1) Hakekat Roadmap Penelitian: Konsep dan Dimensinya oleh Prof. Abdul Hakim, 2) Konstruksi Roadmap Penelitian berbasis RIP oleh Dr. Setyawan Pusnomosakti, dan 3) Membangun Penelitian Kolaboratif oleh Dionysius Joseph Djoko Herry S., PhD.

Harapan kedepan, agar dengan menerapkan konsep tersebut kedalam proposal penelitian maka jumlah penelitian Universitas Brawijaya yang didanai oleh Kemenristekdikti akan semakin bertambah.

Creampie