Workshop Penulisan Laporan Hasil Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya, dalam tugasnya mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Universitas Brawijaya, berusaha meningkatkan pelayanan dan penyampaian informasi terkait kewajiban administrasi yang dilakukan oleh peneliti. Sebagai usaha memberikan bekal kepada penerima dana hibah pada skema Hibah Peneliti Pemula (HPP) untuk mempersiapkan laporan kemajuan, laporan akhir, dan perbaikan metodologi penelitian, LPPM UB menyelenggarakan Workshop Penulisan Laporan Hasil Penelitian sesuai dengan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI pada Senin, 28 Agustus 2017 di Hotel Sahid Montana 2 Malang.

Acara ini dibuka oleh Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono, MS. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Hibah Peneliti Pemula merupakan kegiatan penelitian internal UB yang pelaporannya mangacu pada Panduan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI. Dalam pelaporan hasil penelitian peneliti wajib menyampaikan output hasil penelitian yang telah dijanjikan kepada perguruan tinggi. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain 1)Kerangka Pikir dan Metodologi Penelitian Bidang Eksata oleh Dr. Solimun, 2) Kerangka Pikir dan Metodologi Penelitian Bidang Sosial oleh Dr. Fadli, 3) Trik Menembus Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus oleh Prof. Widodo, dan 4) Penyusunan Laporan Kemajuan /Akhir Penelitian oleh Candra Dewi, MSc.

Kedepan para peserta diharapkan siap berpartisipasi dalam mengikuti kompetisi yang lebih berat lagi seperti hibah kompetisi nasional, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) dan skema –skema penelitian lainya. Selain itu, bagi penerima dana HPP sangat diperlukan pemahaman yang kuat tentang kerangka pikir dan metodologi penelitian yang diharapkan dapat menghadirkan suatu inovasi atau temuan – temuan lain yang sifatnya novelty.