Workshop Penatausahaan Laporan Keuangan bagi Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Bersumber dari Dana PNBP-UB

Setelah sebelumnya telah diadakan Workshop Penatausahaan Laporan Keuangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya bagi penerima dana hibah DRPM Kemenristekdikti, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) kembali menyelenggarakan workshop yang sama bagi penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersumber dari dana PNBP-UB yakni bagi peneliti Hibah Peneliti Pemula (HPP), Doktor Mengabdi, Hibah Peneliti Lanjutan, dan Intensif Pusat Studi dari sumber dana PNBP. Workshop ini diselenggarakan pada tanggal 7 September 2017 di Hotel Sahid Montana 2 Malang.

Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono dalam membuka acara ini menjelaskan mengenai penekanan isu-isu pelaporan keuangan yang harus dihadapi oleh peneliti selain harus menjalankan tugas utamanya dalam menghasilkan output. Materi yang disampaikan kepada peserta diantaranya 1)Kiat-kiat dan Teknik Menyusun RAB dan Laporan Keuangan Penelitian dan PPM sesuai Panduan DIKTI Edisi XI oleh Dr. Maftuch, 2) Permenkeu 106/PMK.02/2016 Standar Biaya Keluaran TA 2017 oleh Dr. Suhartono, 3) Kaidah Penetapan Pajak dan Bebas Pajak oleh M. Alfan Choirudin, S.Sos, dan 4) Pemeriksaan Laporan Keuangan oleh Lembaga Pemeriksa dan Strategi Menghadapinya oleh San Rudiyanto, SE., MSA., Ak., CA., AAP B.

Dengan tanpa mengurangi esensi penting penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam menghasilkan output yang berkualitas, dengan adanya workshop ini diharapkan agar peserta dapat melaksanakan kewajiban melaporkan penggunaan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sampai detil terkecil sebagai barang bukti autentik.