UB dan Unram Adakan Pelatihan Siskeudes melalui Forum Pertides

Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) merupakan forum bagi 12 perguruan tinggi di Indonesia dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk membangun desa di Indonesia. Tujuan dibentuknya Forum Pertides adalah untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat desa melalui kerjasama Perguruan Tinggi dengan Kemendesa DPDTT dalam pelaksanaan program di bidang: 1. Pendidikan, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat secara partisipatoris; 2. Pendampingan program-program pemberdayaan masyarakat desa dari Kemendesa DPDTT; 3. Antisipasi isu-isu sentral pemberdayaan pedesaan; dan 4. Peningkatan mutu jasa pemerintahan desa, baik di bidang regulasi, penganggaran maupun implementasi dan aksesibilitasnya.

Perguruan Tinggi dalam forum Pertides ini dituntut untuk dapat terjun ke desa serta bersinergi dengan universitas lain untuk sharing pengalaman dalam membantu usaha Kemendesa dalam membangun desa. Universitas Brawijaya sebagai salah satu anggotanya telah berperan aktif dalam usaha melakukan sinergi dengan Universitas Mataram dalam memberikan Pelatihan Sistem Keuangan Desa  (Siskeudes) kepada 80 desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 11 – 13 September 2017 di Puri Indah Hotel, Mataram. Ketua Forum Pertides, Kadarsah Suyadi, menyampaikan apresiasi positif terhadap pelatihan ini mengingat pentingnya pengelolaan keuangan desa yang sistematis, akuntable dan transparan.

Harapannya peserta dari 80 desa ini dapat menjadi terampil dalam mengelola sistem manajemen keuangan untuk dilaksanakan di desa masing-masing. Selain itu, diharapkan agar perguruan tinggi lain dapat melakukan kegiatan seperti ini di tempat lain demi menyiapkan sumber daya manusia yang siap memajukan desa. https://www.youtube.com/watch?v=fCEzFPsqAwU&feature=youtu.be