Studi Banding Pusat HaKI, Paten, dan Publikasi LPPM Universitas Negeri Surabaya

Sentra Kekayaan Intelektual (Sentra KI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya kembali menerima kunjungan studi banding dalam keberhasilannya meraih prestasi perolehan paten terbanyak di tahun 2015. Capaian ini mendorong Pusat HaKI, Paten, dan Publikasi LPPM Universitas Negeri Surabaya untuk melakukan studi banding ke Sentra KI LPPM UB pada Selasa, tanggal 31 Juli 2018.

Maksud dari kunjungan yang dipimpin oleh Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T, MSi, Kepala Pusat HaKi, Paten dan Publikasi Unesa, ini yakni untuk mendapatkan data pembanding serta masukan terkait pengelolaan Kekayaan Intelektual yang meliputi layanan konsultasi, saran pendapat, masukan dan rekomendasi, serta pendampingan/asistensi dalam proses pengurusan KI, Hibah penelitian dosen yang berpotensi mendapatkan KI, dan fasilitasi proses pendaftaran KI.

Ketua Sentra KI LPPM UB, Dr. Purwadi dalam menerima kunjungan ini menjelaskan berbagai upaya yang ditempuh tim sentra KI dalam mendorong peningkatan jumlah paten. Salah satunya yakni adanya partisipasi aktif tim sentra KI dalam melakukan pendampingan kepada peneliti-peneliti yang berpotensi menghasilkan paten dengan didukung dengan pemberian insentif dari universitas. Selain insentif, kedepan kebijakan Rektor akan memberikan porsi yang lebih besar untuk hibah penelitian yang berpotensi mendapatkan KI, paten dan publikasi.

Harapannya, informasi dan masukan yang telah didapatkan dari Sentra KI LPPM UB dapat menjadi pertimbangan dalam penyusunan program kerja Pusat Haki, Paten dan Publikasi Unesa.