Sosialisasi Loreal-UNESCO For Women In Science Tahun 2018

Pada Kamis, 5 April 2018, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Prof. Arief Rachman, bertemu dengan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Moh. Bisri, untuk meminta dukungan sosialisasi Program Loreal – UNESCO for Women in Science bagi perempuan peneliti di Universitas Brawijaya. Mananggapi hal tersebut, Rektor Universitas Brawijaya yang didampingi oleh Ketua LPPM Universitas Brawijaya menyampaikan dukungan positifnya terhadap kegiatan penelitian khususnya untuk perempuan peneliti. Melalui Pusat Studi Kajian Wanita, dukungan Universitas Brawijaya terhadap perempuan peneliti bahkan telah menunjukkan potensi yang besar

Program ini kemudian disosialisasikan kepada 50 peneliti dari universitas seluruh Jawa Timur. Kepada peserta, Prof. Arief Rachman menjelaskan bahwa UNESCO bertanggung jawab untuk mengurangi kemiskinan melalui ilmu pengetahuan. Namun, UNESCO sangat prihatin dengan peneliti-peneliti di dunia yang kebanyakan laki-laki. Untuk itu harus ada program yang mendongkrak perempuan untuk menjadi peneliti. Program fellowship ini memiliki satu kekuatan bagi perempuan peneliti kurang dari 40 tahun untuk nantinya diusulkan bertanding dengan peneliti-peneliti dunia. Kebetulan dari Indonesia saat ini sudah ada 5 perempuan peneliti Indonesia yang menang di dunia.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Ibu Zanita Arifin selaku Manager Corporate Social Responsibility  PT L’Oreal Indonesia dengan didampingi perwakilan dewan juri, Dr. Neni Sintawardani, peneliti utama Loka Penelitian Teknologi Bersih, LIPI, program ini merupakan program fellowship khusus untuk perempuan peneliti di bidang science yang sudah berjalan 15 tahun sejak tahun 2004.  Setiap tahunnya program L’Oréal-UNESCO FWIS Nasional menghargai perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada ilmu pengetahuan. Program ini memberikan kesempatan kepada perempuan peneliti muda berbakat Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini dengan cakupan empat bidang penelitian yakni social sciences, material sciences, engineering dan matematics. Untuk tingkat nasional akan diambil empat pemenang dengan dana fellowship masing-masing sebesar 90 juta rupiah. Selanjutnya pemenang juga akan mendapat kesempatan mengikuti fellowship yang sama di tingkat internasional.

Untuk perempuan peneliti dipersilahkan melakukan pendaftaran ke website http://www.lorealscience.co.id/ Program Fellowship Nasional ini dibuka tanggal 20 April 2018 sampai dengan 9 Sept 2018.