Sosialisasi Inisiasi Pembentukan Kelompok Penelitian

Dalam rangka membangun dan memperkuat budaya meneliti secara kelompok, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) akan menginisiasi tumbuhnya kelompok penelitian baru di Universitas Brawijaya. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi mengenai inisiasi pembentukan kelompok penelitian dengan mengundang perwakilan dosen dari tiap fakultas di Universitas Brawijaya. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Oktober 2018 di Hotel Atria, Malang.

Ketua LPPM UB, Dr. Bambang Susilo menyampaikan beliau berharap kedepan output penelitian dapat lebih banyak dari kelompok penelitian. Untuk penelitian mono disiplin lebih condong dari tiap fakultas dan LPPM menangani penelitian multi disiplin. Mewakili Ketua Panitia kegiatan, Dr. Maftuch, menyampaikan ada 3 hal yang penting dalam membentuk kelompok penelitian yakni aspek kelembagaan, research & development dan objective.

Agenda penting dalam acara ini yakni 1) Akselerasi Perwujudan RIP UB Melalui Pembangunan Kelompok Penelitian oleh KKJF Penelitian LPPM UBSugiono, PhD, 2) Urgensi dan Manfaat Pendirian Kelompok Penelitian bagi Peneliti oleh Entomologist dan Peneliti Proteksi Tanaman Tebu di P3GI, Dendi Juliadi, MSi, dan 3) Lesson Learning Pembentukan Kelompok Penelitian di UB oleh Ketua Pusat Studi ASMAT, Akhmad Sabarudin, Dr.Sc.

Setelah kegiatan sosialisasi ini selanjutnya akan diundang lagi peserta yang telah siap membentuk kelompok penelitian dengan agenda “Workshop Pembentukan Kelompok Penelitian”. Diharapkan peserta untuk menyampaikan minatnya melalui kuisioner online dan mengajak expert/personil yang beririsan untuk hadir dan aktif pada kegiatan selanjutnya.