SOSIALISASI DAN FGD KEGIATAN LABORATORIUM DESA TA. 2017

Dalam rangka penyampaian output Kegiatan Laboratorium Desa Tahun 2016 sebagai dasar pelaksanaan Kegiatan Pusat Pembelajaran Pelayanan Sosial Dasar Tahun 2017, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya melaksanakan “Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Laboratorium Desa TA. 2017” pada Jumat-Sabtu, 5-7 Mei 2017 di Klub Bunga Butik & Resort Batu.

Acara ini dibuka oleh Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya membangun desa dalam upaya meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat melalui kegiatan Laboratorium Desa yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 dengan bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa). Selanjutnya diharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut dengan lebih mengembangkan potensi dan ciri khas yang ada di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dan Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Ketua Pelaksana Kegiatan Laboratorium Desa, Dr. Maftuch, menambahkan kegiatan Laboratorium Desa tahun 2016 akan dilanjutkan pada program Kegiatan Pusat Pembelajaran Pelayanan Sosial Dasar Tahun 2017 dengan lebih memperhatikan koreksi dan masukan atas keberadaan program pada tahun sebelumnya.

Sosialisasi mengenai kegiatan pada tahun 2017 ini diberikan oleh tenaga ahli Laboratorium Desa, Bapak Dhanny Septimawan Sutopo, M.Si. Selanjutnya, pada acara FGD, 25 peserta yang terdiri atas perangkat desa, camat, dan perwakilan DPMD terkait, mengikuti acara ini dengan memberikan rancangan terpadu mengenai kegiatan yang akan ditekankan pada tahun 2017.

Kedepan diharapkan agar kedua desa ini dapat menjadi rujukan nasional dalam pelaksanaan  pengembangan laboratorium desa demi mendukung visi dan misi pemerintah daerah masing-masing.