Pra Rakerpim: Penyusunan Anggaran dan Program Kerja LPPM UB Tahun 2018

Dalam upaya meningkatkan koordinasi dan kesepahaman antar BPPM fakultas, pusat studi, dan layanan dengan pencapaian sasaran-sasaran prioritas pengembangan dan rencana anggaran kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) mengadakan “Pra Rakerpim: Penyusunan Anggaran dan Program Kerja LPPM UB Tahun 2018” pada Selasa, 19 September 2017 di Hotel Sahid Montana Dua Malang.

Acara ini dibuka dengan Arahan Program Kerja Tahun 2018 oleh Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono dan Sekretaris LPPM UB, Dr. Maftuch. Prof. Woro Busono menekankan bahwa Universitas Brawijaya telah menentukan standar mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya disebutkan adanya penelitian berbasis kelompok yang disebut dengan kelompok kajian dan bukan research group. Untuk itu, mohon untuk research group di fakultas dapat memperhatikan hal ini. Dalam mencapai standar mutu tersebut, Dr. Maftuch memberikan penekanan terhadap hal-hal yang harus didiskusikan oleh masing-masing group dalam rapat kerja ini, diantaranya: 1) Evaluasi dan konsep kerja pengabdian kepada masyarakat tahun 2018, 2) Perencanaan pembuatan paying penelitian, 3) Perencanaan hibah penelitian internal UB, 4) Perencanaan pengembangan pusat studi, 5) Perencanaan penjaminan mutu penelitian dan aktivasi SIPP, 6) Perencanaan pengembangan publikasi.

Dari rapat kerja ini telah ditentukan hal-hal baru dalam program kerja tahun 2018 diantaranya: melakukan pendampingan penulisan artikel, motivasi publikasi, peningkatan sitasi dan SIM Publikasi melalui SIPP, peningkatan kualitas & kuantitas publikasi dan jurnal prosiding scopus di LPPM, dan peningkatan kualitas jurnal.

Kedepan diharapkan dengan penambahan program-program baru tersebut kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Brawijaya dapat meningkat dengan mengedepankan aspek kemanfaatan yang didapatkan oleh masyarakat dari perguruan tinggi.