Monitoring dan Evaluasi Kelembagaan LPPM Universitas Brawijaya (Klaster Mandiri)

Dalam rangka peningkatan mutu pelaksanaan Program Penelitian di perguruan tinggi, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Institusi Penelitian Perguruan Tinggi Klaster Mandiri. Untuk Universitas Brawijaya, kegiatan pelaksanaan monev institusi tersebut dilaksanakan pada Rabu, 19 September 2018 dengan PIC acara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya.

Bertindak selaku Reviewer yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti yakni Dr. Drajat Tri Kartono, MSi dengan pendamping Bpk. Ansyori. Dalam agenda monev institusi ini ada 7 point penting penilaian kinerja kelembagaan diantaranya SOP Penjaminan Mutu berdasarkan siklus penelitian, jumlah insentif dana internal untuk penelitian dosen, alokasi dana dari perguruan tinggi untuk manajemen/penjaminan mutu (menjalankan siklus penelitian), reviewer internal, kesesuaian setiap judul penelitian dengan renstra penelitian PT, luaran setiap judul penelitian, dan hiliriasasi hasil penelitian.

Dengan persiapan maksimal telah disiapkan dokumen pendukung data kinerja yang telah ditentukan. Adapun kekurangan data yang diminta oleh reviewer telah selesai dilengkapi di hari yang sama. Besar harapan dengan persiapan maksimal ini dapat meningkatkan penilaian kinerja institusi oleh Kemenristekdikti dan memacu peningkatan mutu pelaksanaan program penelitian di Universitas Brawijaya sebagai perguruan tinggi klaster mandiri.