MERIA RESEARCH FORUM FOR PRE CONFERENCE

Pelatihan Program Monitoring Educators & Researchers in ASEAN (MERIA) Tahun 2018 merupakan suatu program pendampingan kepada 20 dosen bergelar doktor yang mewakili tiap fakultas dan pusat studi untuk menghasilkan luaran penelitian berupa jurnal terindeks scopus. Program ini merupakan kerjasama antara LPPM UB dengan International Centre for ASEANA Management (ICMA) yang menggandeng pemateri dari para editor jurnal terindeks scopus.

Rangkaian kegiatan MERIA terdiri atas 8 kegiatan, yakni: 1. Introduction to Research, 2. Planning the Research Topic, 3. Writing the Abstract & Paper, 4. Research Forum for Pre-Conference, 5. Final Revision & Presentation, 6. Pre-Conference Presentation, 7. ICMAC 2018 Research Colloquium Bali International Conference (Compulsory) 8. Finalize Papers for SCOPUS Indexed Journals.

Pada 18 – 20 Juli 2018, bertempat di Bali, telah diselenggarakan MERIA Research Forum for Pre-Conference yang merupakan persiapan peserta untuk mempresentasikan kepada pemateri draft paper yang telah ditulis dan dikonsultasikan pada sesi 1-3 selama kurang lebih 4-5 hari per sesi kegiatan.

Ketua LPPM UB, Dr. Bambang Susilo ketika membuka acara ini menjelaskan materi mengenai Universitas Brawijaya dalam Angka untuk memotivasi peserta dalam meningkatkan luaran penelitian berupa jurnal internasional terindeks scopus. Pemateri pada sesi pre-conference ini diantaranya Prof. Jhon Vong dari National University of Singapore, DR Purnendu Mandal dari Lamar University (Texas, USA), dan Prof Angappa “Guna” Gunasekaran dari California State University. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Sistem Inovasi Dikti, DR. Ir. Ophirtus Sumule, DEA, yang menyampaikan materi Riset dan Publikasi untuk Daya Saing Bangsa.

Melalui research forum pre-conference ini, peserta diminta untuk melakukan persiapan presentasi untuk konferensi sebenarnya yang akan dilaksanakan pada bulan November di Surabaya (http://www.icmac.asia/4/659/icmac-2018-surabaya-edition/). Tentunya dengan lebih dahulu melakukan revisi final dan presentasi dalam dua rangkaian kegiatan 5 dan 6 di Universitas Brawijaya.