LPPM UB Menerima Tiga Kunjungan Studi Banding

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) kembali menerima kunjungan studi banding mengenai pengelolaan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengolahan data Universitas Brawijaya. Kali ini, LPPM UB menerima kunjungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bengkulu pada 14 November 2018, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik STIS pada 21 November 2018 dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret pada 26 November 2018.

Pada kesempatan tersebut, jajaran pimpinan LPPM UB menjelaskan berbagai point penting dalam hal pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik yang didanai Kemenristekdikti maupun dana internal Universitas. Prestasi UB terkait perolehan paten terbanyak juga menjadi bahan penting untuk dipelajari oleh lembaga-lembaga tersebut. Selain itu, pertemuan kunjungan studi banding ini juga dijadikan ajang sharing mengenai problematika dan peningkatan kualitas lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terutama sinkronisasi mindset peneliti terkait penelitian berbasis output dengan peraturan Kementerian Keuangan terkait kewajiban pelaporan keuangan.

Lebih lanjut, LPPM UB menjelaskan mengenai rencana transformasi Universitas Brawijaya dari teaching university ke research university melalui pengembangan pusat studi, pusat layananm pusat kajian dan BPPM yang terintegrasi melalui LPPM UB. Harapan kedepan, setelah adanya kegiatan studi banding ini, lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada masing-masing universitas dapat bekerjasama untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa.