LP2M UPNVY Jajaki Kerjasama Penelitian dan PPM dengan LPPM UB

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) kembali menerima kunjungan studi banding dalam rangka peningkatan sinergi antar perguruan tinggi. Kali ini, pada Senin, 6 November 2017, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Yogyakarta (LP2M UPNVY) menjajaki kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan LPPM UB.

Pentingnya sinergi antar perguruan tinggi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Ketua LPPM UB Prof Woro Busono menjelaskan, dibutuhkan untuk saling melengkapi keunggulan dan potensi masing-masing perguruan tinggi dengan memperhatikan aspek kewilayahan. Salah satu program yang memerlukan sinergi ini yakni pendampingan pengelolaan dan pengembangan badan usaha milik desa yang difasilitasi oleh Kemendesa. Kemendesa melalui forum perguruan tinggi untuk desa mendorong kolaborasi antar perguruan tinggi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengeksplore potensi desa dengan membangun ekonomi desa berbasis budaya. Selain itu, LPPM UB juga memiliki kegiatan Doktor Mengabdi dan Sekolah Desa untuk bisa dikembangkan bersama melalui pendampingan dan TOT. Dalam hal publikasi penelitian, LPPM UB memiliki klinik jurnal yang diberi nama Pusat Pelayanan Jurnal Internasional (PPJI) yang dapat membantu akademisi menerbitkan artikel ilmiahnya ke jurnal terindeks scopus.

LPPM UPN Veteran Yogyakarta berantusias dalam melakukan kerjasama pada kegiatan yang telah dipaparkan tersebut. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka dilakukan pembahasan draft Mou antara LPPM UB dan LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Kedepan diharapkan akan terjalin kersjasama yang baik di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.