Kunjungan Studi Kerja Universitas Tanjungpura

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura mengadakan kunjungan studi kerja ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya untuk menggali informasi tentang sistem pengelolaan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Tanjungpura.

Pada 5 Februari 2018, Ketua LPPM Universitas Tanjungpura menugaskan bendahara pengeluaran pembantu dan staf keuangan, Sumartini dan Agus Yulianto, ST, mendiskusikan beberapa point penting terkait pengelolaan keuangan dan pembiayaan penelitian internal universitas utamanya setelah ada perubahan Universitas Tanjungpura menjadi BLU.

Dalam kesempatan ini, mewakili Ketua LPPM UB, Sugiono, PhD selaku KKJF Bidang Penelitian menjelaskan beberapa program penelitian dan pengabdian dengan pembiayaan non Dikti (internal universitas). Selanjutnya terkait pengelolaan keuangan dan administrasi dijelaskan oleh Kabag TU LPPM UB, Sri Aminin, MAP beserta Kasubag Umum, Sri Purworini, SE. Selain itu, pada diskusi ini dipaparkan mengenai kewajiban pelaporan keuangan terhadap setiap kegiatan penelitian, pengabdian meskipun sudah tidak diwajibkan oleh Kemenristekdikti. Pelaporan ini merupakan bentuk monitoring dan evaluasi penggunaan dana sesuai dengan peraturan Kementerian Keuangan RI.

Pada intinya pengelolaan keuangan dan administrasi yang baik dapat mendukung upaya peningkatan kinerja universitas dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.