Kuliah Tamu oleh Prof. Jhon Vong dari NUS: Membangun Penelitian dan Publikasi Internasional

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) sebagai pengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Brawijaya berkewajiban mendorong dosen untuk meningkatkan reputasi Universitas Brawijaya di bidang penelitian dengan parameter berupa jumlah publikasi internasional.

Untuk meningkatkan motivasi ini, LPPM UB menggelar “Workshop Pengelolaan Luaran Penelitian Dalam Bentuk Jurnal dan Kuliah Tamu Prof. Jhon Vong: Membangun Penelitian dan Publikasi Internasional” pada Senin, 2 Oktober 2017 di Hotel Sahid Montana Dua Malang.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Moh. Bisri, dalam membuka acara ini, menyampaikan penghargaan kepada LPPM UB dalam upaya mengubah culture atau pola Universitas Brawijaya untuk meneliti.

“Pada saat ini dari evaluasi remunerasi menunjukkan bahwa yang dilaksanakan oleh dosen selama ini masih sebagian besar mengajar. Diharapkan kedepan agar prosentase meneliti akan lebih besar daripada mengajar yakni 60% : 40%”.

Beliau menambahkan, untuk meningkatkan pemeringkatan dunia, peneliti Universitas Brawijaya diharapkan dapat menghasilkan output berupa jurnal internasional dan selanjutnya menuju hilirisasi produk.

Prof. Jhon Vong dari National University of Singapore menyampaikan bahwa pertumbuhan jurnal internasional di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang pesat. Selanjutnya, dari berbagai sektor, Indonesia harus menggali penelitiannya untuk dapat lebih mengembangkan penelitian dengan output berupa jurnal internasional.

Dalam acara ini Prof. Jhon Vong menyampaikan beberapa langkah, tips dan trik dalam melaksanakan penelitian dan meraih publikasi internasional bagi dosen dan mahasiswa. Beliau menekankan bahwa motivasi utama dalam melakukan penelitian adalah untuk membantu masyarakat. Karena dengan meneliti kita dapat menghasilkan solusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

KKJF Bidang Penelitian, Prof. Widodo, dalam menutup acara ini menyampaikan bahwa LPPM UB siap membantu pelayanan publikasi internasional melalui PPIKID.