Pelatihan Manajemen Usaha “Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM di Jawa Timur”

Pusat Pelayanan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P4M) di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) bekerjasama dengan PT. Danareksa (Persero) dalam melaksanakan program Kemitraan dan Bina Lingkungan mengadakan Pelatihan Manajemen Usaha “Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM di Jawa Timur” pada Selasa-Rabu, 6-7 Juni 2017 di Ruang Sidang B Gedung Layanan Bersama Lt. 6 Universitas Brawijaya.

Acara dibuka oleh Ketua LPPM UB, Prof. Woro Busono yang diwakili oleh Ketua P4M Arief Hoetoro, PhD. Agenda awal pelatihan ini yakni penandatanganan MOU antara PT. Danareksa dengan LPPM UB beserta 16 UMKM Mitra Binaan PT. Danareksa Periode 1 Tahun 2017-2019. Hadir dalam acara ini Head of Corporate Secretary PT Danareksa, Fattah Hidayat.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini diantaranya Manajemen UMKM oleh Mangku Purnomo, PhD., Manajemen Pemasaran oleh Sugiarto, MT, Marketing Online oleh Muhammad Faiz, Aspek Hukum dan Perjanjian Bisnis oleh Siti Hamidah, MM., dan Aplikasi Manajemen Keuangan oleh Dr. Sumiati.

Acara ini ditutup dengan sharing bisnis dan administrasi oleh tim P4M LPPM UB. Dalam sharing ini UMKM diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan mengaplikasikan kajian teori manajemen usaha. Selanjutnya P4M akan memonitor pemberdayaan UMKM Mitra Binaan PT. Danareksa dalam menggunakan bantuan modal usaha.