Bimtek Pengisian TKT dan Sosialisasi Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017

Dalam perannya sebagai lembaga pendukung kegiatan dosen dalam tugas utamanya mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) perlu mensosialisasikan perkembangan regulasi terkait dengan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Untuk itu, pada Selasa, 6 Juni 2017, bertempat di UB Guest House, LPPM UB mengadakan “Bimtek dan Sosialisasi Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017 DRPM Kemenristekdikti dan Pengisian TKT serta Memahami Kerja Reviewer agar Proposal Dapat Didanai”.

Acara dibuka dengan pengarahan oleh Ketua LPPM UB, Prof Woro Busono.  Beliau menyampaikan beberapa point penting dalam buku panduan edisi XI. Buku Panduan Edisi XI memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang di dalamnya menjelaskan secara rinci tentang tata cara pengajuan, seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, serta pelaporan hasil kegiatan. Adapun apabila dibandingkan dengan Buku Panduan Edisi X, perubahan yang diakomodasi dalam Buku XI antara lain adalah pada pengelompokan skema penelitian; dan rancangan pengaturan untuk luaran tambahan. Dalam panduan tersebut secara tegas diterangkan kewajiban peneliti untuk mencapai luaran sesuai dengan skema yang diusulkan seperti yang diatur dalam PMK 106/PMK.02/2016 yaitu: pembiayaan luaran dipisahkan dengan biaya penelitian itu sendiri, keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Acara diisi dengan pemaparan tiga materi utama yakni: 1) Sosialisasi Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017 DRPM Kemenristekdikti oleh KKJF Bidang Penelitian LPPM UB, Widodo, PhD; 2) Pengisian TKT (Tingkat Kesiapterapan Teknologi) oleh pakar peneliti UB Dr. Akhmad Sabarudin dan 3) Memahami Kerja Reviewer Agar Proposal Dapat Didanai oleh Reviewer Nasional, Dr. Sucik Maylinda.

Kedepan diharapkan agar dari kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen akan dapat menghasilkan luaran-luaran yang bermutu dalam menunjang karir dosen dan kapasitas perguruan tinggi yakni Universitas Brawijaya.