November 23rd, 2012 Berita.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan pemberian penghargaan kepada putra-putri bangsa yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam penemuan dan perekayasaan karya-karya kreatif dan inovatif dalam bidangnya. Pemberian penghargaan ini dilakukan melalui seleksi yang cukup ketat dari 115 usulan yang masuk yang datang dari kalangan dosen, peneliti, maupun masyarakat luas yang telah berhasil mengembangkan inovasi dalam bidang industri, produk/teknologi, ilmu pengetahuan, maupun industri kreatif.
Anugerah ini dibagi ke dalam 4 kategori, yaitu (1). Teknologi yang menghasilkan paten; (2). Varietas tanaman yang hasilnya telah didaftarkan dan dapat menunjukkan tingkat aplikasi yang bermakna; (3). Ilmu pengetahuan yang menghasilkan karya yang diakui di tingkat internasional dan nasional berupa hak cipta; serta (4). Industri kreatif yang pemenangnya berhasil menunjukkan karya bernilai ekonomi yang tinggi.
Setelah dilakukan seleksi, akhirnya ditetapkan 15 pemenang AKIL 2012 yang terdiri atas 6 orang di kategori teknologi, 8 orang di kategori perlindungan varietas tanaman, dan 1 orang di kategori ilmu pengetahuan. Bentuk anugerah yang diberikan kepada tiap pemenang berupa: (1). SK Menteri; (2). Piagam Penghargaan; (3). Trophy; dan (4). Uang tunai sebesar Rp. 250.000.000,-.
Prof. Dr. Ir. Kuswanto, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang juga peneliti di LPPM UB, adalah salah satu pemenang di kategori perlindungan varietas tanaman. Capaian kinerja yang menonjol sebagai pemulia adalah mendapatkan 6 varietas unggul kacang panjang toleran terhadap hama dan penyakit, antara lain: Brawijaya 1, Brawijaya 3, Brawijaya 4, Bagong 2, Bagong 3, dan Bagong Ungu, serta sebagai pemulia pendamping pada pelepasan 23 varietas tanaman hortikultura milik PT Agri Makmur Pertiwi, yaitu semangka, melon, mentimun, jagung manis, kacang panjang, oyong dan kangkung. Sebagai staf laboratorium pemuliaan tanaman, juga bertugas menjadi tim uji kebenaran varietas tanaman hortikultura.

Selamat kepada Prof. Dr. Ir. Kuswanto yang menerima penghargaan AKIL 2012 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 20 November 2012 di Auditorium Gedung Dikti Jakarta. Hadir dalam AKIL 2012, Ketua LPPM UB Prof. Dr. Ir. Siti Chuzaemi, MS. Semoga keberhasilan tersebut akan diikuti oleh dosen-dosen yang lain.